Review Amazon.com

Amazon memastikan paket sesuai alamat

Berbelanja melalui media online mungkin belum banyak dipilih oleh orang Indonesia. Namun, kemajuan teknologi informasi dan komunikasi berskala global, khususnya internet membuat kita pun tidak bisa mencegah langkah inovasi dalam soal berbelanja online. Sebenarnya, teknologi dan langkah inovasi selalu dimaksudkan untuk kemudahan dan kenyamanan hidup manusia. Bagaimana dengan trend berbelanja online, khususnya di amazon.com?

 

Jika melihat skala besar ukuran perusahaan Amazon yang berasal dari Amerika ini, sebenarnya tak perlu ada keraguan tentang keseriusan dan reputasinya. Didirikan pada 1995 berawal dari menjual buku-buku, hingga kini menawarkan jutaan produk dalam berbagai kategori mulai dari fashion dan produk kecantikan, produk kesehatan, gadget, dll hingga pampers bayi ! Memiliki puluhan pusat-pusat pemenuhan pelanggan di seluruh bagian besar dunia dan dukungan puluhan ribu karyawannya.

 

Toko online terbesar dunia ini tak pernah tidur. Puluhan ribu karyawannya beserta dukungan mesin-mesin teknologi komunikasi dan informasinya yang otomatis, terus melayani pembelian dari jutaan orang di seluruh dunia. Diperkirakan omzet amazon bernilai puluhan juta poundsterling seharinya setara ratusan milyar bahkan triliunan rupiah sehari.

 

Dengan sejumlah gambaran dan reputasi tersebut, tetap saja tidak serta merta orang yang belum terbiasa dengan shopping online langsung tertarik dan percaya untuk berbelanja. Bahkan, untuk amazon.com sekalipun. Karena itu, dengan rendah hati amazon.com menyatakan dalam oficial websitenya, bahwa perusahaan ini baru saja dimulai.

 

Ada sejumlah kekhawatiran yang lazimnya muncul di kalangan orang yang tidak terbiasa berbelanja online. Misalnya, apakah transaksinya akan aman, tidak ada penipuan, penyalahgunaan kartu kredit, apakah harganya tidak terlalu mahal, apakah barang akan sampai dengan selamat, apakah akan memakan waktu sangat lama, dll. Bagi amazon.com semua kekhawatiran itu sebenarnya tak perlu ada, karena semua jawaban atas pertanyaan itu adalah positif. Yakni bahwa transaksi aman, tidak ada penipuan, barang selamat, waktu pengirimannya pun relatif cepat.

 

Jawaban-jawaban itu mungkin logis bagi mereka yang tinggal di Amerika, Kanada, Inggris, Perancis, Jerman, Itali, Spanyol, China dan Jepang atau negara-negara dimana ada kantor-kantor resmi amazon yang beroperasional. Tapi, bagaimana dengan di Indonesia? Ternyata, pengalaman-pengalaman berbelanja di amazon.com dari orang-orang Indonesia umumnya adalah juga positif. Tampaknya ada sensasi tersendiri, menunggu kiriman belanja datang. Seperti menanti sebuah hadiah yang spesial. Ketika, kiriman itu datang terasa sebagai surprise yang menyenangkan.

 

Untuk itu kita bisa belajar dari beberapa konsumen amazon asal Indonesia. Memang tidak semua barang yang dijual oleh amazon dapat dikirim ke Indonesia. Seperti barang-barang furniture berukuran besar, perabotan rumah tangga atau alat-alat perkebunan yang sangat berat dan semacamnya. Awalnya bahkan, konsumen Indonesia hanya dapat membeli buku-buku atau CD/DVD musik dan film saja. Namun, kini lebih banyak kategori barang yang juga dapat dikirim ke Indonesia. Karena, amazon tentu terus berinovasi dan berimprovisasi untuk lebih dapat memenuhi tuntutan kebutuhan pasar / konsumen. Sehingga, semakin banyak barang yang juga dapat dibeli konsumen di Indonesia.

 

Mesin kopi espresso, dari Amerika sampai ke Riau berkat amazon.com

mesin kopi amazon

Mesin kopi sampai di Riau

 

Misalnya seorang konsumen asal Riau, berhasil mendapatkan mesin untuk pembuatan kopi espresso yang ukurannya lumayan besar dibanding hanya buku/ DVD. Menurutnya, sangat sulit mencari mesin Delonghi EC155 di Indonesia. Memang ada yang menawarkan mesin itu secara online di Jakarta, tapi ia meragukan keamanannya. Sehingga, pecinta kopi ini pun sampai pada penjelahannya di amazon dan menemukan si mesin idaman.

 

Di bulan Juni 2012 ini, akhirnya ia jadi memiliki mesin kopi itu. Dibeli dengan kartu kredit lewat amazon.com dan memakan waktu pengiriman selama dua minggu. Kekhawatiran akan barang tertahan bea cukai atau tidak sampai, kartu kredit yang disalahgunakan tidak terbukti terjadi. “Harganya ternyata lebih murah 1 juta rupiah, dibanding yang ditawarkan di Jakarta,” cetusnya dalam blog pribadinya : ham4ida.blogspot.com. Menurut pengakuannya, harga yang lebih murah itu jadi motivasi terbesarnya berbelanja di amazon.com.

 

Ada juga konsumen asal Ciamis yang ternyata dapat membeli komputer mini dan playstation. Namun, dia mengingatkan untuk barang jenis komputer utuh (bukan sparepartnya), harus diperhitungkan pajak impornya.

 

Nettop sampai di Ciamis

61Bk5wq4MBL._SL1200_

 

Menjadi pelanggan setia amazon.com bertahun-tahun

Bagi konsumen pecinta buku-buku, musik ataupun film, boleh dikata amazon.com memang surganya. Tak heran, mereka yang menggemari produk-produk ini dan pernah berbelanja di amazon, lalu akan menjadi pelanggan yang setia. Termasuk ada juga dari Indonesia yang telah menjadi pelanggan amazon sampai enam tahun bahkan lebih.

 

Saat berbagi pengalamannya berbelanja di amazon.com, Daniel HT. mengungkapkan alasannya berlangganan membeli DVD musik dan film dari amazon.com karena produk-produk dalam kategori ini sangat cepat rilisnya. Amazon sangat informatif mengenai produk terhadap konsumen. Misalnya, bila kita membeli satu album musik dari seorang penyanyi, maka amazon akan menginformasikan album / lagu lainnya yang dirilis paling baru dari penyanyi tersebut. Begitu juga dengan film.

Lagi-lagi harga yang lebih murah jadi dorongan besar untuk membeli di amazon. Daniel yang penyuka film dalam format Blue Ray Disc (BD) mencontohkan, film dalam format itu di Indonesia dijual dalam kisaran 400-500 ribu rupiah. Tapi, lewat amazon harga itu jadi setengahnya saja, sudah termasuk ongkos kirim.

 

Sedangkan, untuk buku-buku –Daniel setia berlangganan dengan alasan tentu saja karena pilihannya yang lebih beragam dan berkelas dunia. Harganyapun akan jauh lebih murah, bila dibandingkan kalau buku-buku luar negeri itu dijual di Indonesia. “Pelayanan amazon memang super,” katanya.

 

Setelah mendengar pengalaman beberapa konsumen amazon asal Indonesia, mungkin anda mulai tertarik untuk berbelanja? Nah, untuk dapat berbelanja di amazon, konsumen akan perlu membuat account di amazon.com yang membutuhkan alamat email. Sedangkan cara pembayaran dapat dilakukan dengan kartu kredit, atau Amazon Gift Card –Ini semacam voucher belanja. Jika anda sebagai konsumen telah berbelanja produk di amazon dalam jumlah tertentu, maka amazon akan memberi reward berupa nilai uang (dalam dollar) yang dapat dipakai belanja di website amazon lagi. Menarik, bukan? Amazon Gift Card juga diberikan kepada mereka yang berafiliasi memasarkan produk-produk amazon.

 

Produk-produk Amazon kini : segala ada -antara produk pilihan, harga & kenyamanan

61Kli1qHbiL._SL1250_71Odqhdq+7L._SL1500_

 

 

Just @click image for further product info

 

 

Sementara, untuk jangka waktu pengiriman barang ke Indonesia tergantung pada metode pengiriman yang dipilih konsumen saat melakukan order. Yaitu dengan Sistem International Shipping (memakan waktu 18-32 hari), Sistem Expedited International Shipping (8-16 hari) serta Priority International Courier (2-4 hari kerja). Semakin cepat waktu pengiriman, tentu semakin tinggi biayanya. Untuk sistem yang pertama dan kedua, konsumen amazon di Indonesia biasanya dilayani oleh Kantor Pos. Sedangkan, sistem yang tercepat menggunakan jasa kurir internasional seperti DHL.

 

Semoga dengan melihat pengalaman-pengalaman konsumen di atas, tak ada lagi kekhawatiran untuk berbelanja online –khususnya di amazon.com. Bahkan, amazon juga bersedia menerima pengembalian barang, bila barang yang dikirimkan ternyata rusak atau tak bisa dipakai. Uang kita akan dikembalikan. So, why should be worry?